Prabowo Menginginkan Gibran Menjadi Cawapres

  • Diposting pada 11 Oktober 2023
  • Politik
  • Oleh Pandy Pradana
    Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon terkuat sebagai wakil presiden pendamping Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2024. (Arsip Tim Media Prabowo Subianto)

mantiknews.com, Jakarta Elektabilitas wacana duet Prabowo-Gibran diperkirakan kubu Gerindra dan koalisinya akan tinggi mengalahkan elektabilitas capres-cawapres yang lain.

Upaya memuluskan jalan bagi putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, untuk maju sebagai calon wakil presiden di Pilpres 2024 sedang diusulkan di MK  batas minimal usia capres dan cawapres. 

Karena saat ini, Gibran masih terganjal aturan usia minimal calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) yang tertera dalam Pasal 169 huruf q UU No.7/2017 tentang Pemilu. Beleid itu menetapkan, minimal usia capres-cawapres adalah harus 40 tahun.

Nama Gibran disandingkan dengan Prabowo, bermula dari pertemuan keduanya pada Jumat 19 Mei 2023 malam lalu. Saat itu, keduanya makan malam bersama di angkringan Omah Semar, Solo, yang berakhir dengan pemanggilan Gibran oleh PDIP. 

Prabowo sendiri belum menyampaikan secara lugas keseluruhannya ketika ditanya soal nama Gibran Rakabuming Raka di bursa cawapresnya. Menurutnya, semua diserahkan kehendak dari rakyat.

"Saya kira sebagai tokoh ya pasti, sebagai tokoh ya, pasti ya semua diperhitungkan ya," kata Prabowo usai bertemu relawan, Rabu (9/8/2023).

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto juga mengaku telah menerima usulan dari kelompok relawan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi).

Prabowo menegaskan Gerindra tergabung dengan Koalisi Indonesia Maju yang berisi banyak partai. Oleh karenanya, ia mengatakan usulan itu akan dikomunikasikan dengan partai lain dalam koalisi.

Penulis
Tidak Ada Gambar
Pandy Pradana

Anda Mungkin Juga Menyukai