Boni Hargens: Kubu Anies Tidak Mau Terekam oleh Survei dan Sangat Solid

  • Diposting pada 30 September 2023
  • Politik
  • Oleh Dany Pramana
    Boni Hargens Direktur LPI (foto:youtube_mind_tv)

mantiknews.com, Jakarta - Direktur Lembaga Pemilihan Indonesia (LPI), sekaligus Politikus PDI Perjuangan Boni Hargens pernah menyampaikan analisa politiknya dalam acara podcast Mind TV Indonesia bulan Agustus 2023 yang lalu menyampaikan semangatnya bahwa elektabilias Ganjar Pranowo dalam survei SMRC dan LSI mengalami kenaikan melampaui elektabilitas Probowo Subianto.

Namun disisi lain Direktur LPI tersebut sangat mengkuatirkan elektabilitas Anies kedepannya, menurutnya untuk kubu bacapres Probowo dan Ganjar jangan terlalu berfokus pada survei. Pemilih Anis itu lebih solid dan gerakannya senyap. Mereka tak mau disurvei, di lapangan mereka bergerak ke pemilih akar rumput.

"Kubu Anies akan jauh lebih militan dalam memobilisasi dukungan di akar rumput, dan satu hal yang menarik dari para pendukung pak Anies ini adalah mereka tidak mau direkam oleh survei, jadi preferensi politik mereka tidak mau terekam oleh survei." ujarnya.

Boni Hargens memaparkan bahwa kemampuan pendukung Anies adalah satu kejutan yang memberikan dorongan kuat dan memberikan satu nilai tambah kekuatan jumlah pemilih yang tadinya tidak diperhitungkan.

Ini banyak orang tidak paham, Boni menambahkan contoh dari pemilu ke pemilu 2014, 2019 ditengah situasi eforia sangat dahsyat terhadap dukungan Jokowi ternyata hasil pemilu mencerminkan selisih yang sangat tidak meyakinkan dan sangat tipis kemenangan untuk pak Jokowi.

"Ini karena semua lembaga Survei keliru, didalam hasil survei dan fakta realitas hasil pemilu sangat kontras, tidak begitu dekat karena pemilih itu tidak pernah mau direkam oleh survei" kata Boni.

"Sejauh ini yang saya amati pendukung pak Anies sedang merumuskan dan merancang satu kejutan karena mereka suka dengan kejutan" tambahnya.

Boni mengingatkan kepada pendukung Prabowo dan Ganjar harap berhati-hati untuk tidak sibuk merebut simpati Jokowi, mendiskusikan endorsement Jokowi dan lupa akan akar dibawah.

Ia juga menambahkan berdasarkan laporan LPI di daerah jawa terutama di desa-desa lebih banyak spanduk Anies daripada Ganjar dan Prabowo.

"Kalau kubu Prabowo dan Ganjar tidak membuat konsesus saya ragu Prabowo dan Ganjar dapat memenangkan kontes pemilu 2024 nanti" ujarnya.

Boni Hargens mengakui kelompok pendukung Anies sangat dahsyat dalam operasi senyapnya kalau Prabowo dan Ganjar tidak menemukan pasangan cawapres nanti. 

"Saya yakin dan menduga kalau Prabowo dan Ganjar tidak hati-hati putaran kedua nanti ada Anies" katanya.

Menanggapi situasi ini Boni Hargens memberikan penilaian kelompok pendukung Anies sangat solid dan sangat riil, bisa dilihat dari pemilu ke pemilu sekarang ini, ia berharap jangan melihat dukungan partai besar yang sangat kuat terutama di kubu Prabowo. 



Penulis
Tidak Ada Gambar
Dany Pramana

Anda Mungkin Juga Menyukai