Anies: Salah Satu Penyebab Korupsi Adalah Gaji PNS Rendah

  • Diposting pada 25 Oktober 2023
  • Nasional
  • Oleh Devi Arum Anastya
    Pidato Anies di forum AmCham Indonesia (American Chamber Of Commerce in Indonesia), US-Indonesia Investment Summit ke-11. (25/10/2023) Foto:Ist

mantiknews.com, JakartaCawapres Anies Baswedan dalam acara US-Indonesia Investment Summit di Hotel Mandarin Oriental(24/10/2023) mengatakan salah satunya penyebab korupsi terjadi di Indonesia diantaranya adalah  gaji Pegawai Negeri Sipil menurutnya masih rendah. Dengan pendapatan yang kecil, sebagian abdi negara kesulitan untuk bertahan.

“Ada tiga alasan kenapa korupsi terjadi, pertama karena kebutuhan. Banyak pegawai pemerintah (atau PNS) yang gaji per bulannya sangat rendah sehingga mereka tidak bisa bertahan,” kata Anies

Ia mengungkapkan kalau menjadi presiden adalah memberantas korupsi secara merata dan menginginkan KPK agar tidak memberantas korupsi yang besar-besar saja.

"Bukan hanya KPK yang diperketat, yang sebenarnya bagus juga KPK diperketat. Tapi KPK menangani kasus-kasus besar, kita membutuhkan tindakan serius dalam penanganan korupsi," jelasnya.

Korupsi yang disebabkan oleh sistem sehingga membutuhkan reformasi. Ia menyinggung perlunya reformasi untuk pendanaan partai politik, pendanaan politik hingga pemilu.

Penulis
Tidak Ada Gambar
Devi Arum Anastya

Anda Mungkin Juga Menyukai