Polri Ingatkan Masyarakat Jakarta, Rekayasa Lalu Lintas Berlaku Sore Ini

  • Diposting pada 06 September 2023
  • Oleh Didik Triono
    Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Latief Usman (polri.go.id)

mantiknews.comJakarta - Polisi mengingatkan kembali akan adanya pelaksanaan rekayasa lalu lintas dalam rangka pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43. Di hari kedua acara tersebut, akan ada penutupan jalur di sepanjang Jalan Sudirman hingga pukul 22.00 WIB.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Latief Usman, menerangkan bahwa penutupan dilakukan saat acara selesai dan saat gala dinner.

"Nanti mulai dari jam 16.00 akan kami lakukan pengalihan arus di beberapa ruas jalan tetapi pada pukul 22.00 acara gala dinner selesai kami akan menormalisasi kembali," ungkapnya, Rabu (6/9/23).

Menurutnya, pola pengamanan hari kedua KTT ASEAN ke-43 berjalan dengan aman. Oleh karenanya, saat rekayasa lalu lintas sore ini diharapkan kontribusi masyarakat untuk menyukseskan keseluruhan pengamanan tersebut.

"Untuk hari kedua sama polanya. Saya mengharapkan masyarakat bekerja sama, partisipasi dalam mengamankan KTT ASEAN ini," ujarnya.

Baca Juga:  Polri: Dua Hari Operasi Zebra, 8.583 Pelanggaran Ditindak

Untuk diketahui, KTT ke-43 ASEAN berlangsung pada 5-7 September 2023 di Jakarta yang diikuti oleh 22 negara, terdiri atas 11 negara ASEAN meliputi Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Untuk diketahui, pengamanan KTT ASEAN ke-43 melibatkan lebih dari 6.000 personel gabungan. Ribuan personel gabungan itu terdiri dari 8 satuan tugas (satgas) yang bertugas di ring 3. Adapun kedelapan satgas itu mulai dari preemtif, pereventif, polakir, pengawalan rombongan, gakkum, humas, bantuan operasi, dan antiteror.

Sebagai informasi, KTT ke-43 ASEAN berlangsung pada 5-7 September 2023 di Jakarta yang diikuti oleh 22 negara, terdiri atas 11 negara ASEAN meliputi Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Presiden RI Joko Widodo membuka KTT ke-43 ASEAN, sekaligus memimpin 12 pertemuan. Rangkaian pertemuan tersebut adalah KTT ke-43 dalam format plenary dan retreat, KTT ke-26 ASEAN-Tiongkok, KTT ke-24 ASEAN-Korea Selatan, KTT ke-26 ASEAN-Jepang, dan KTT ke-11 ASEAN-Amerika Serikat.

Pertemuan lainnya adalah KTT ASEAN-Kanada, KTT ke-26 ASEAN Plus Three, KTT ke-20 ASEAN-India, KTT ke-3 ASEAN-Australia, KTT ke-18 Asia Timur (EAS), dan KTT ke-13 ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Penulis
Tidak Ada Gambar
SuperAdmin
Didik Triono